SAN

2

Lagi males nulis pokoknya! Entah kenapa. Saya cukup membagi foto-foto bus yang saya tumpangi saat mudik PP dari Bandung-Bengkulu beberapa hari lalu. Saya yakin ini tidaklah penting. Karena tidak penting itulah, maka saya uplod foto hasil jepretan saya ini. Semoga tidak ada manfaatnya, ya.

Kalau saya naik bus lain, mungkin saya akan foto bus itu. Jadi gini, bus tujuan ke Bengkulu itu bukan bus SAN (Siliwangi Antar Nusa) saja, tapi ada beberapa bus dari perusahaan jasa lain. Misalnya, PO Bengkulu Kito, PO Putra Rafflesia, PO Family Raya, dan mungkin juga ALS (Antar Lintas Sumatera).

Bus yang saya naiki ini AC Executive, ya. Lihat saja tampilan busnya.

Okelah. Saya kira cukup.

CAM02360

CAM02628

CAM02626

CAM02627

Iklan

Perjalanan ke Kampung Halaman di Utara Bengkulu

2

CAM02579

 

CAM02508

 

CAM02510

 

CAM02505

 

CAM02496

 

CAM02487

 

CAM02421

 

CAM02402

 

CAM02411

 

CAM02408

 

Tiap pulang ke kampung halaman di Bengkulu Utara, saya pastilah melewati jalan yang saya foto di atas. Dari Kota Bengkulu menuju desa saya kalau gunakan motor sekitar 3 jam normalnya. Kalau pake travel bisa 4-5 jam. Tak semua jalan menuju kampung saya mulus. Lihat saja foto ke-2 dari atas dan seterusnya. Lokasinya antara desa Urai-Serangai Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara. Mungkin itu dampak abrasi.

Sedangkan foto-foto selanjutnya (jalan berkoral) itu jalan masuk ke desa saya, Sukamakmur, Kecamatan Putri Hijau. Sebelum sampai ke desa saya, kami melewati desa Air Muring. Di sana, terdapat perkebunan karet milik pengusaha Indonesia. Itu ada fotonya. Bisa dilihat, ya. Entah berapa ratus hektar.

Foto  diambil saat liburan idul fitri 2014 kemarin.

Kopdar: 1 Cowok 4 Cewek

38
Dari kiri: hasannote.wordpress.com, sitiagel.wordpress.com, kebomandi.wordpress.com, lianadaisha.wordpress.com

Dari kiri: hasannote.wordpress.com, sitiagel.wordpress.com, kebomandi.wordpress.com, lianadaisha.wordpress.com

Teman maya Liana, paling kanan, Dwi Welly SN juga ikut kopdar bersama kami. Kan jadi ramai.

Teman maya Liana, paling kanan, Dwi Welly SN juga ikut kopdar bersama kami. Kan jadi ramai.

Berpose dulu sebelum meninggalkan MADTARI

Berpose dulu sebelum meninggalkan MADTARI

Eh, mau minta difoto lagi...hmm. Bayar oi.

Eh, mau minta difoto lagi…hmm. Bayar oi.

Akhirnya, kopi darat (kopdar) malam Sabtu (7/3) kemarin di sebuah kedai bernama MADTARI, tak jauh dari kampus Unisba berjalan lancar dan berakhir sumringah. Kenapa? Walau ini adalah kali pertama bertemu di dunia nyata–rasanya seperti sudah kenal ratusan tahun yang lalu. Akrab dan saling bercanda. Kayak reunian gitu lah. Gak canggung!

Liana dari Jakarta Timur, Beki alias sitiagel blogger asal Bekasi yang kuliah di Bandung. Begitu juga dengan Kebomandi, cewek ini asal Kuningan–yang juga satu kampus sama Beki. Adapula Dwi Welly SN, ia teman facebook Liana yang asli Padang, Sumbar yang sedang berkuliah di ITB. Pascasarjana gitu, loh! Lalu Liana? Cewek berjilbab panjang itu masih bersekolah di salah satu MAN di Jaktim.

Moga kita bisa bertemu lagi, ya Beki, ya Kebo, ya Liana, ya Dwi Welly, ya Hasan. Sukses buatku, juga kalian!

Satu yang pasti: saya orang paling ganteng malam itu!

 

 

Mobil-mobil Sial

12
Sumber foto: www.hasannote.wordpress.com

Diduga ngebut, satu unit mobil pemadam kebakaran milik pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) terbalik. Lokasinya tak jauh dari kantor bupati Benteng. Foto diambil pada 2012 (foto Cecep Hasanudin)

Sumber foto: www.hasannote.wordpress.com

Foto: Cecep Hasanudin

Sumber foto: www.hasannote.wordpress.com

Kalau yang ini, truk pengangkut pasir terbalik tepat di depan rumah warga di Desa Kembang Seri, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Foto diambil akhir 2012 (foto: Cecep Hasanudin)

Sumber foto: www.hasannote.wordpress.com

Truk pengangkut karet terguling di depan rumah warga di Desa Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Foto diambil pada 2012 oleh Cecep Hasanudin.

sumber foto: www.hasannote.wordpress.com

Ini sih nyeruduk bis kalau gak salah. Lokasi masih sama di Benteng.

Sumber foto: www.hasannote.wordpress.com

Ini enggak terkendali, sebab di tikungan tajam, akhirnya masuk siring.

Sumber foto: www.hasannote.wordpress.com

Kata pemiliknya, mobil ini baru saja diambil dari dealer. Tapi entah kenapa, tiba-tiba terbakar di tengah jalan. Masih pada 2012.

Sumber foto: www.hasannote.wordpress.com

Setelah disiram air pemadam kebakaran, para warga sekitar langsung menjenguk.

Foto-foto di atas adalah rekaman kamera poket saya sekitar tahun 2012 sebelum saya hijrah ke Kota Bandung yang terjadi di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng)-sebuah kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Utara.

Selama satu tahun lebih saya mondar-mandir di daerah tersebut guna mencari berita terhangat yang ada di tengah-tengah masyarakatnya maupun di kantor-kantor pemerintahan di wilayah yang kini dipimpin oleh seorang bupati bernama Ferry Ramli dan wakilnya, M. Sabri.

Selama itu pula, ada banyak hasil jepretan yang berhubungan dengan berita yang akan saya buat, salah satunya adalah gambar-gambar di atas. Saya ingin memuat ini hanya teringat saja dengan masa-masa sekitar dua tahun lewat bertugas di daerah yang kaya dengan batu bara dan perkebunan itu.

Teks dan foto: Cecep Hasanudin

 

 

 

 

 

 

 

Janda Lebay itu Asyik

19
Sebuah warung sop Janda di kawasan Panghegar, Kota Bandung suatu sore.

Sebuah warung sop Janda di kawasan Panghegar, Kota Bandung suatu sore.

 

Sebuah kantin "Lebay" di kawasan Cicalengka, Kabupaten Bandung suatu ketika.

Sebuah kantin “Lebay” -lezat, banyak, di kawasan Cicalengka, Kabupaten Bandung suatu ketika.

Suatu sore di bulan November, saya sengaja jalan kaki dari tempat kos menuju kawasan Cibiru, atau tempat kampus kuliah dulu. Saya menyisir jalan, perlahan, di tengah amukan debu yang tak santun. Menyusuri pinggiran sawah, pom bensin, dan orang-orang yang baru saja pulang dari kantor. Beberapa menit berjalan, eh, saya bertemu dengan “janda”, bukan seseorang, melainkan semacam kantin yang diberi nama “Spesial Sop Janda, Sop Iga Sapi Extra Hot”. Ya sudah, tak saya sia-siakan, langsung saya jepret!

Kalau yang foto yang kedua ¬†atau yang paling bawah, itu saya dapatkan ketika saya dan adik sedang menunggu sebuah bis tujuan Tasik, di pasar Dangdeur, Cicalengka, Kabupaten Bandung. Up, salah! Bukan pas mau berangkat ke Tasik, melainkan sepulang dari Tasik, suatu siang terik, setelah dhuhur. Atas usul adik saya, maka tak menunggu lama, kantin “Lebay” itu saya shoot! Begitulah hasilnya. Oman, adik saya berseloroh,”Yang datang ke kantin itu pasti lebay orangnya, atau, setelah keluar kantin, insyaallah Lebay!”

Sahabat mau mencoba kedua kantin di atas? Silakan datang ke Bandung! Saya siap mengantar Anda semua. Ini nomor hape saya. 0856 2423 6042. Haha.