Siapa Musuhmu?

Barang siapa yang tidak mempunyai musuh, maka ia tidak mempunyai kawan (Kamut).

Saya tidak tahu siapa musuh saya saat ini. Yang saya ingat, saya punya sahabat dan teman. Apakah sahabat dan teman saya saat ini suatu hari akan menjadi musuh, itu tidak bisa saya prediksi.

Hari ini saya hanya bisa bersyukur punya sahabat dan teman yang rela menerima saya. Suatu hari, lima tahun lalu, saya pernah punya target, saya harus kenal seseorang  satu hari satu orang. “Pokoknya, di mana pun kesempatan datang, saya harus kenal orang itu!”

Target itu tidak tercapai, karena saya seperti dipaksa untuk kenal satu orang satu hari. Itu malah bikin saya ribet. Saya pun berpikir kembali, “Ah, capek juga kalau harus kenal satu orang satu hari, sementara saya ini orangnya pemalu. Udah ah, kenal orang mah mengalir saja!”

“Udah lah, enggak perlu punya banyak teman. Cukup satu, tapi bener-bener yang paham kita itu siapa. Yang benar-benar tulus, tidak perhitungan, dan gampang meminta maaf kalo punya salah. Daripada punya sepuluh teman, pas kita susah, mereka enggak satu pun yang bantu…” pikir saya lagi.

Sejak saat itu hingga kini, saya dapat sahabat dan teman, ya dari ketidaksengajaan. Dikenalkan teman yang udah jadi teman, ketemu di kantor, di angkot, bandara, bis, kosan, pas kuliah, di pengajian (kayak yang suka ngaji aja, nih!), futsal, atau acara-acara seminar.

Berbeda dengan teman saya di kantor. Dia pernah bilang ke saya, “Saya itu di sini bukan cari teman. Saya kerja. Memangnya kalo kita “terdepak” dari kantor ini teman itu mau nolong kita? Kan, enggak!” Untungnya si teman bilang gitu pas dia udah jadi teman saya. Kalau belum, wah gawat!

Yang tidak meniatkan cari teman aja akhirnya dapet teman, apalagi pernah meniatkan kayak saya, walau saat ini tidak pernah menargetkan harus berapa orang yang saya kenal. Mau cari teman atau tidak di dunia ini, itu mah diserahkan ke masing-masing orang. Da saya mah sekarang ingin cari teman hidup, bukan teman biasa. Horeee!

Jadi, siapa musuh saya? Tak lain adalah saya sendiri.

One thought on “Siapa Musuhmu?

Tinggalkan Balasan

