Rokok dan Keponakan

Ini sebagian keponakan saya

Ini sebagian keponakan saya

Saya bahkan tidak menyuruh ketiga keponakan sembunyi-sembunyi ketika merokok. Saya bilang ke mereka, buat apa kalian sembunyi-sembunyi gitu. Ngerokok ya ngerokok aja. Nyantai. Jangan ngerasa tertekan. Lagian keluarga udah pada tahu kalian suka merokok!

Jika ada salah satu saudara kita ngelarang ini itu atau enggak boleh ini enggak boleh itu, tambah saya ke mereka, ya hadapi aja. Enggak perlu takut. Dengarkan ocehan mereka. Jangan membantah. Kalau mau bilang, bilang aja ke mereka,”Marah-marah membunuhmu! Ngelarang ini ngelarang itu juga membunuhmu!”

Saya tidak pernah melarang mereka untuk tidak merokok. Bahkan, tiap ada kesempatan berkumpul bersama mereka, saya kadang-kadang minta rokok mereka, lalu merokok bersama-sama. Ketawa-tawa bersama, meski  saya kurang menyukai rokok favorit mereka.

Setidaknya, pas liburan lebaran kemarin, saya perhatikan betapa intimnya ketiga keponakan saya ini dengan rokok. Dilihat dari cara menghidupkan rokok dan memegang rokok ketika dihisap, mereka sudah seperti perokok berat alias profesional. Padahal, mereka ini masih kelas tiga sma, kecuali yang satu baru mau daftar kuliah.

Saya paling anti melarang-larang orang atau siapa pun di dunia ini terhadap sesuatu yang mereka senangi. Saya bilang ke keponakan saya sembari bercanda-canda: lakukanlah apa yang kalian senangi. Asal, jika bisa jangan melakukan yang polisi mengincarmu. Misal, ngisap ganja atau narkoba! Kalau sekadar merokok, sih wajar, tegas saya.

Ibu anak-anak itu, saya perhatikan juga tidak banyak berbuat apa-apa lagi jika melihat sang buah hati merokok. “Ibu maklum kalian merokok. Jangan saja melakukan yang lebih dari merokok. Yang penting kalian rajin ibadah, enggak males sekolah…” begitu yang saya dengar.

One thought on “Rokok dan Keponakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s