Nabung

JpegSaya katakan saya masih nabung, terutama kepada orang-orang yang selalu menanyakan kapan saya menikah. Dan menabung, bukan melulu soal uang. Ada nabung secara batin, pun ada nabung secara lahir. Tujuan apa pun yang hendak dicapai, semuanya harus ada persiapan dan rencana yang matang. Begitu kata sebagian orang, yang hidupnya sok “terencana”.

Secara batin, mungkin saya sudah siap untuk menikah. Tetapi secara lahir, saya belum siap. Kalau batin itu, menurut pemahaman saya adalah sesuatu di luar urusan materi. Sementara lahir, 90 persen adalah soal materi. Nah, bicara materi untuk persiapan menikah, sampai hari ini saya masih menabung. Walau saya tidak tahu, targetnya harus berapa. Yang penting nabung! Ngandalin orangtua? Waduh, malu, deh! Ngutang? Lebay, ah!

Udah nabung telat, ngandalin orangtua enggak mau, ngutang juga sungkan, lalu maunya apa? Ujung-ujungnya nikah enggak jadi. Ujung-ujungnya, nikah ditunda lagi. Dan ujung-ujungnya, niat nikah tak mau lagi. Iya, kan? I don’t know kalau itu. Pastinya, saya masih menabung, walau, saya pikir apa yang saya lakukan ini sesuatu yang terlambat. Lagi-lagi Better Late Then Never! Wah, ini pembenaran. Dan ini klasik!

Kenapa enggak dari dulu-dulu saya nabung? Minimal sejak saya bekerja. O, mungkin saya lupa kalau saya butuh menikah. Dan juga khilaf, ternyata menikah itu butuh duit! Dan, satu lagi, menikah bukan satu-satunya kebutuhan (itu pikiran saya dulu, ketika saya belum punya niat menikah. Haha). Nah, sekarang baru terasa, bahwa keinginan dan kebutuhan mesti diwujudkan dengan jalan menabung!

Selamat menabung, walau berat, kawan!

 

2 thoughts on “Nabung

Tinggalkan Balasan

