Asyik! Dapat Jadwal Ronda

Saya itu di kosan dapat jadwal ronda dari pengurus RT tadi malam. Saya juga kaget, kok penghuni kosan dilibatkan dalam ronda-meronda di lingkungan RT saya? Sejenak saya berpikir, bagus juga saya dan teman-teman kosan diikutsertakan dalam menjaga kemananan lingkungan. Itu artinya, saya dan penghuni kosan pun bertanggungjawab besar dalam menjaga keamanan di mana kami tinggal.

Selain itu, bagus juga kata saya ke beberapa teman kosan kalau kita diminta ikut dalam kegiatan RT, termasuk ronda itu. Kenapa saya sebut bagus? Karena tentu saya pribadi bisa lebih kenal lagi dengan warga—yang tadinya tidak begitu kenal. Apa hubungannya? Iya, jadwal ronda itu, kan tiap malam bukan satu atau dua orang, tapi—saya lihat di jadwal yang terlampir sekitar 12 orang untuk sekali ronda. Nah, tentu kesempatan seperti ini jadi ajang saling kenal.

Masalahnya itu, oke kalau jadwal saya ronda itu pas kebetulan hari libur—misalnya malam Sabtu dan malam Minggu. Tapi kalau jadwal saya diletakkan di hari-hari aktif, Senin-Jumat, ampun, deh Pak RT—saya enggak bisa! Bukan apa-apa, sebagaimana jadwal ronda yang terlampir, mulai meronda itu sejak pukul 22.00-04.00 WIB. Bayangkan kalau jadwal saya ronda Senin atau Rabu misalnya. Saya bergadang, dong? Lalu pukul 08.00 WIB saya mesti berangkat ke kantor. Wah, ini BOCOR! BOCOR! Saya enggak mau, pokoknya!

Saya katakan saja ke salah satu pengurus RT—yang malam itu kebetulan mengantar jadwal undangan ronda ke saya. Namanya Pak Ridwan—yang tak lain dia ini adalah pengelola kosan saya. “Tapi, Pak, jadwal saya di kertas ini mulai ronda minggu pertama Juli 2014 hari Senin. Pak, pindah, ya jadwal saya ke Jumat malam Sabtu? Soalnya, kan saya kerja, Pak! Kalau saya tidak kerja di kantor mah, saya mau aja ronda kapan pun. Oke, ya, Pak?” pinta saya ke Pak Ridwan dan dijawab langsung sama dia,”Iya, nanti saya pindahkan!”

Di tengah asyik negoisasi dengan Pak Ridwan, eh tiba-tiba muncul Rangga—yang tak lain adalah teman kosan—yang lagi-lagi dia ini juga teman satu kantor saya. “Pak, saya juga jadwal rondanya tuker aja ke hari Jumat malam Sabtu, bareng aja sama si Hasan. Saya juga, kan kerja, Pak! Bisa aja, sih, Pak saya ronda pada malam Selasa, tapi sampe jam dua belas malam! Kalau sampai jam empat, ntar saya di kantor ngantuk, pasti enggak efektif. Mana di kantor terlarang ngerokok, Pak!” Pak Ridwan terpaksa meng-oke-kan pinta lelaki kerempeng itu.

Awalnya, saya dan beberapa teman di kosan sepakat tidak mau ngeronda meski ada jadwalnya. Kami cukup bayar saja ke RT tiap salah satu dari kami mendapat giliran ngeronda. Begitu awalnya. Tapi setelah membaca dengan lengkap pada lembaran kertas pertama—di sana tertulis: “Tidak hadir ronda sekali didenda Rp. 50.000.” Dan, bagi yang tidak hadir ronda sampai lima kali dendanya fantastis: Rp. 500.000! Alamak!

Tadinya, kalau denda tidak ikut ronda cuma Rp. 5000—saya dan beberapa teman akan bayar saja ke pengurus RT. Eh, karena denda tidak hadir ronda sekali saja cukup besar, maka kami putuskan tetap ikut berpartisipasi ronda—tetapi dengan syarat kami rondanya pada hari di mana kami libur: Jumat malam Sabtu atau Sabtu malam minggu. Dan alhamdulillah apa yang kami mau dikabulkan. Yes!

Saya tanya akhirnya ke Pak Ridwan apa saja, sih kegiatan meronda itu. “Ya paling-paling berkeliling di sekitar kompleks RT kita. Udah itu ya nga-liwet (masak nasi) bareng. Asyik, kok!” Perlu juga diketahui, bahwa dua bulan lalu di kosan kami telah hilang sebuah motor Mio warna merah milik salah satu kawan kami, Kang Asep. Dan, sekitar tiga bulan sebelum motor Kang Asep raib, di kosan yang sama hilang pula sebuah motor Supra X milik Ajang. Dua hari setelah kehilangan, Ajang langsung pindah kosan, entah ke mana. Sementara Kang Asep sampai sekarang masih bertahan.

Apakah karena kejadian itu kami penghuni kosan ini diminta ngeronda mulai bulan ini? Padahal, selama saya ngekos sewaktu kuliah tak pernah, tuh mahasiswa diminta pengurus RT di lingkungan saya untuk ngeronda. Ya, memang baru kali ini saya ngekos diikutsertakan untuk ngeronda. Ah, asyiknya!

6 thoughts on “Asyik! Dapat Jadwal Ronda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s