Presiden, Kapan Kita Salaman?

Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Gusdur, Megawati,  dan SBY. Deretan nama-nama tersebut adalah bekas presiden, kecuali nama terakhir-ia masih menjabat presiden Indonesia untuk periode kedua. Dan, pada Oktober 2014 mendatang, suami Ani Yudhoyono tersebut akan lengser dari jabatannya.

Keenam orang-orang yang pernah dan sedang memimpin bangsa ini, saya belum pernah sama sekali berjabatan tangan dengan mereka. Zaman ayah Megawati memimpin, secara kebetulan saya belum lahir dari perut ibu saya. Walau kala itu saya sudah lahir, rasanya tak mungkin saya bisa bersalaman langsung dengan Bung Karno.

wikipedia.org

wikipedia.org

Saat Soeharto berkuasa, yang menurut sejarah adalah presiden paling lama berkuasa, setidaknya untuk Indonesia-kala itu saya memang telah lahir dan sedikit tahu apa saja sepak terjang beliau, meski tak terlalu benar memikirkannya. Saya lahir era 80-an, maka ayah Mbak Tutut itu pastilah sedang jadi presiden. Sementara pas bapak pembangunan ini lengser, saya tengah mengenyam SD, ya kelas V.

Lagi-lagi, saya pun tak kesampaian menjabat tangan beliau, walau saat bersekolah di sekolah dasar ada sedikit tebersit, “Andai saya bisa bertemu langsung Soeharto dan berjabat tangan, mungkin saya sedikit bangga dan bahagia.” Tetapi, itu tidak pernah terjadi, apalagi saya kala itu bukan tinggal di ibu kota, tetapi desa  yang hingga hari ini nelangsa.

wikipedia.org

wikipedia.org

Lalu bagaimana dengan si pemilik otak cerdas, BJ Habibi yang menggantikan Soeharto? Saya tak pernah tahu soal politik saat itu dan sama sekali tak pernah memikirkan harus seperti apa sebaiknya seorang pemimpin negara itu memberlakukan rakyatnya. Tak pernah sama sekali. Saya hanya tahu, ini juga menurut orang-orang, tersebab suami Ainunlah Timor-timor lepas dari Indonesia. Semoga salah pendapat itu. Tetapi, tetap, saya belum juga berkesempatan bersalaman dengannya.

wikipedia.org

wikipedia.org

Era Gusdur, saya kira lain lagi, tetapi ini yang paling asyik. Bila tak salah, saat Abdurahman Wahid memegang kendali istana, maka banyak kebijakannya yang menuai kontoversial, di antaranya Indonesia menjalin kerjasama dengan negara Israel, belum lagi kalau Ramadhan, semua pelajar full libur sebulan. Asik, dunk libur sebulan. Kendati demikian, ampun, saya belum juga salaman dengan cucu pendiri NU ini.

wikipedia.org

wikipedia.org

Megawati adalah satu-satunya perempuan yang pernah menjadi presiden di Indonesia. Katanya lagi, eh, di 2014 ini, istri mendiang Taufik Kiemas ini bakal maju lagi mencalonkan presiden. Tak tahulah saya, peta politik bisa saja berubah, mungkin saja ibu Mega mengajukan Jokowi sebagai presiden. Dengan ketua umum PDI Perjuangan ini pun-walau sang ibu, Fatmawati orang Bengkulu, saya belum juga sempat bersalaman dengan tangan lembutnya.

wikipedia.org

wikipedia.org

Kali ini SBY. Saya mau menulis apa tentang ayah Ibas ini, ya? Yang pasti, sama seperti presiden terdahulu,  ayah Ibas ini pun sama sekali tidak tahu di mana rumah saya, apalagi berkunjung ke kecamatan saya di Utara Bengkulu sana, yang sejak 1983-an jalannya tak pernah mulus. Pak SBY, ini sudah mau akhir jabatan, tak sampai setahun lagi, kapan saya bisa bersalaman dengan Anda?

padangmedia.com

padangmedia.com

33 thoughts on “Presiden, Kapan Kita Salaman?

  1. jadi kapan dong salaman sama prisedennya ?? saya jangankan salaman, ketemu langsung aja dr jarak dekat gitu cuma jamannya Pak Harto aja, waktu HUT TNI yg entah ke berapa. sama presiden yg lain cuma lihat di media 🙂

  2. sama nasib jalan di kampung kita, mas Hasan. Pemimpin negeri sudah silih berganti (yang tak pernah saya salam juga), tapi jalan tetap begitu-begitu saja. Siapa kita pilih di 2014? 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s