Ular Pemangsa Ayam Bangkok

Ini ular yang memangsa ayam bangkok emak itu.

Ini ular yang memangsa ayam bangkok emak itu.

Saya menelepon emak empat hari lalu. Alhamdulillah, selain beliau, apak juga sehat. Saya bersyukur mendapat kabar demikian. Begitu pun saya, bahwa di Bandung masih dalam keadaan berkecukupan. Kalau duit, ya enggak pernah cukup, Mak, Pak.

Sebelum menutup telepon, emak bercerita kalau ayam bangkok yang ada di rumah tewas mengenaskan dililit ular. Tak sampai di situ, ayam bangkok yang memiliki berat sekitar 2 kilogram tersebut dilahap abis oleh si ular, yang entah darimana dia berasal.

Kata emak, ular itu melilit si jago, sebutan buat ayam bangkok,  saat ibunda saya itu menggoreng telur di dapur. “Emak dengar, kok ayam di kandang teriak-teriak. Emak nyuruh Oman (adik saya, yang kebetulan pulang kampung) untuk liat ke kandang.”

Eh, tahunya, kata Oman melalui emak, ternyata benar, ayam di kandang sedang dimangsa si ular! Masyaallah! Ayam itu, dulunya, kata emak berasal dari ponakan saya yang ada di Kota Bengkulu, Rahmat Kurniawan. Rahmat nyuruh pelihara aja ayam itu sama neneknya di kampung. Tapi, ya nahas buat si ayam. Itu sudah rezeki buat ular.

Emak bilang, kalau kejadian ular memangsa ayam bangkok itu terjadi malam hari. “Sekitar pukul sembilan malam lah!” Maka, saya tanya ke emak di telepon,”Mak, ularnya sebesar apa, sih?”

“Wahhh, pokoknya besar! Sebesar betis!”

“Mak, Oman moto ularnya, enggak?” kata saya ke emak.

“Ada, di hape Oman!” pungkas emak.

Saya heran ke adik saya, kenapa ular itu tak lantas dibunuh saja. Eh, malah difoto, lalu ditinggalkan begitu saja. Oman beralasan, ukuran ular itu gede banget hingga tak berani melumpuhkannya.

6 thoughts on “Ular Pemangsa Ayam Bangkok

Tinggalkan Balasan

